Rabu, 29 Desember 2010

INFORMASI MELALUI ADVERTENSI

Dewasa ini, iklan atau advertensi dianggap sebagai tuntutan kebutuhan di era modern. Iklan merupakan bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi seseorang, mempromosikan suatu produk atau jasa, untuk mempengaruhi pendapat publik, memenangkan dukungan publik untuk berpikir atau bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan. Iklan merupakan media yang tepat untuk mempertajam persaingan antar organisasi. Persaingan ini bisa dilihat dari iklan yang mengungkapkan perbedaan barang dan jasa. Selain itu, iklan menjadi informasi bagi konsumen untuk menjatuhkan pilihan yang tepat. Iklan menciptakan norma-norma social yang ingi dipergunakan oleh organisasi untuk mengetahui maksud dan tujuan sendiri. Iklan yang informative memungkinkan konsumen untuk menentukan pilihan mereka yang lebih rasional. Iklan yang baik juga akan bertanggungjawab sebagai alat pendidikan.

Keputusan organisasi untuk membuat iklan adalah demi melindungi dan memperluas kesempatan mereka dalam merebut pasar yang relative terbatas. Tetapi dalam perkembangannya terjadi monopoli swasta dan umum sehingga organisasi terus menerus membuat iklan dan anjuran. Iklan menciptakan suatu kebutuhan baru yang mana dalam hal ini bias dipertegas dari kemampuan iklan mengenalkan hal-hal yang baru. Advertensi ditampilkan dengan asumsi kehidupan yang lebih baik. Tidak hanya di organisasi swasta Advertensi juga dibutuhkan dalam organisasi pemerintahan. Sebagai contoh iklan layanan masyarakat yang saat ini sedang gencar-gencarnya dibuat oleh beberapa kementerian, ini membuat masyarakat semakin tahu program apa yang sedang dijalankan oleh kementerian tersebut. Imbasnya banyak program yang dijalankan dan mendapat respon yang baik dari masyarakat. Hal ini penting untuk terus dikembangkan, karena dengan iklan masyarakat lebih mudah memahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar